Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kearifan Lokal atau Local Wisdom : Pengertian, Fungsi, Karakteristik dan Cirinya

Pengertian

Kearifan lokal atau Local Wisdom adalah identitas atau kepribadian budaya sebuah bangsa yang menyebabkan bangsa tersebut mampu menyerap, bahkan mengolah kebudayaan yang berasal dari luar/bangsa lain menjadi watak dan kemampuan sendiri. Kearifan lokal juga merupakan ciri khas etika dan nilai budaya dalam masyarakat lokal yang diturunkan dari generasi ke generasi. 

Ngarengkong bentuk kearifan lokal
Ngarengkong
Lebih lanjut kearifan lokal juga didefinisikan sebagai kemampuan beradaptasi, menata, dan menumbuhkan pengaruh alam serta budaya lain yang menjadi motor penggerak transformasi dan penciptaan keanekaragaman budaya Indonesia yang luar biasa.

Ini juga bisa menjadi suatu bentuk pengetahuan, kepercayaan, pemahaman atau persepsi beserta kebiasaan atau etika adat yang menjadi pedoman perilaku manusia dalam kehidupan ekologis dan sistemik.

Pengertian Kearifan Lokal menurut Para Ahli

Pengertian kearifan local diinjau sisi sosiologisnya. Kearifan lokal merupakan tata nilai atau perilaku hidup masyarakat lokal secara arif dalam berinteraksi dengan lingkungannya. 

Kearifan lokal tidak hanya berhenti pada etika tetapi juga pada norma, tindakan, dan tingkah laku masyarakat. Oleh karena itu, kearifan lokal dapat menjadi pedoman masyarakat untuk bersikap dan bertindak dalam konteks kehidupan sehari-hari. 

Lebih lanjut, Robert Sibarani juga mengungkapkan bahwa kearifan lokal adalah kebijaksanaan atau pengetahuan asli suatu masyarakat yang berasal dari nilai luhur tradisi budaya untuk mengatur tatanan kehidupan masyarakat.

Wibowo menuliskan bahwa kearifan lokal adalah identitas atau kepribadian budaya sebuah bangsa yang menyebabkan bangsa tersebut mampu menyerap, bahkan mengolah kebudayaan yang berasal dari luar atau bangsa lain, menjadi watak dan kemampuan sendiri.

Kearifan Lokal
Bentuk Kearifan Lokal
Rahyono (2009)

Kearifan lokal adalah kecerdasan manusia yang dimiliki oleh kelompok etnis tertentu yang diperoleh melalui pengalaman masyarakat. Artinya, kearifan lokal disini adalah hasil dari masyarakat tertentu melalui pengalaman mereka dan belum tentu dialami oleh masyarakat yang lain.

UU No. 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Dan Pengelolahan Lingkungan Hidup

Dalam UU Bab: I Pasal I Butir 30, definisi kearifan lokal adalah nilai-nilai luhur yang berlaku dalam tata kehidupan masyarakat antara lain melindungi dan mengelolah lingkungan hidup secara lestari, definisi ini diungkapkan sebagai salah satu aturan dalam menjaga kelestraian lingkungan hidup.

Apriyanto (2008)

Arti kearifan lokal adalah berbagai nilai yang diciptakan, dikembangkan dan dipertahankan oleh masyarakat yang menjadi pedoman hidup mereka, pedoman ini bisa tergolong dalam jenis kaidah sosial, baik secara tertulis ataupun tidak tertulis. Akan tetapi yang pasti setiap masyarakat akan mencoba mentaatinya.

Paulo Freire 

Menurutnya, pendidikan berbasis kearifan lokal adalah pendidikan yang mengajarkan peserta didik untuk selalu konkret dengan apa yang mereka hadapi.

Hal ini sebgaimana Paulo Freire, seorang filsuf pendidikan dalam bukunya Cultural Action for Freedom (1970), menyebutkan dengan dihadapkannya pada problem dan situasi konkret yang dihadapi, peserta didik akan semakin tertantang untuk menanggapinya secara kritis. Oleh karena itu di perlukan adanya integrasi ilmu pengetahuan dengan kearifan lokal.

Fungsi Kearifan Lokal 

Kearifan lokal adalah pandangan hidup suatu masyarakat di wilayah tertentu mengenai lingkungan alam tempat mereka tinggal. Pandangan hidup ini biasanya adalah pandangan hidup yang sudah berurat akar menjadi kepercayaan orang-orang di wilayah tersebut selama puluhan bahkan ratusan tahun. 

Kearifan local memiliki beberapa fungsi, antara lain: 

  • Berfungsi untuk konservasi dan pelestarian sumber daya alam. 
  • Berfungsi untuk pengembangan sumber daya manusia. 
  • Berfungsi untuk pengembangan kebudayaan dan ilmu pengetahuan. 
  • Berfungsi sebagai petuah, kepercayaan, sastra dan pantangan. 
  • Bermakna sosial, misalnya upacara integrasi komunal atau kekerabatan dan pada upacara pertanian. 
  • Bermakna etika dan moral, yang terwujud dalam upacara Ngaben dan selametan roh. 
  • Bermakna politik atau hubungan kekuasaan patro-client, dan sebagainya.

Kearifan Lokal
Ngasek
Karakteristik Kearifan Lokal 

Karakteristik kearifan local, antara lain:

  1. Harus menggabungkan pengetahuan kebajikan yang mengajarkan orang tentang etika dan nilai-nilai moral; 
  2. Kearifan lokal harus mengajar orang untuk mencintai alam, bukan untuk menghancurkannya; 
  3. Kearifan lokal harus berasal dari anggota komunitas yang lebih tua; 
  4. Kearifan lokal dapat berbentuk nilai, norma, etika, kepercayaan, adat-istiadat, hukum, adat, aturan-aturan khusus.

Ciri-Ciri Kearifan Lokal 

Sedangkan ciri-ciri kearifan local, yaitu:

  • Mampu bertahan di tengah gempuran budaya luar yang semakin masif 
  • Memiliki kemampuan menyediakan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan unsur-unsur dari budaya luar 
  • Mempunyai kemampuan penggabungan atau pembauran terhadap unsur budaya luar ke dalam budaya asli. 
  • Mempunyai kemampuan mengendalikan, memberi arah pada perkembangan budaya.

Baca juga : 

Sumber : Berbagai sumber dan referensi yang sesuai


Joko Sunaryanto
Joko Sunaryanto Jangan lupakan jati dirimu. "Sangkan paraning dumadi"

Posting Komentar untuk "Kearifan Lokal atau Local Wisdom : Pengertian, Fungsi, Karakteristik dan Cirinya"